Senin, 10 Agustus 2020

My Family

Keluarga, apa sebenarnya makna keluarga bagi kita? Makna keluarga bagi setiap orang pasti berbeda. Ada yang bermakna prioritas pertama, ada yang bermakna pada siapa kita kembali, dan lain-lain.
Bagiku sendiri, makna keluarga adalah sekumpulan orang yang mau menerima kita apa adanya dan membuat kita mampu bersikap apa adanya pula. Ya, bagiku, keluarga adalah tempat dimana aku bisa menjadi diriku sendiri tanpa harus memikirkan apa kata orang terkait nama baik keluarga.
Di depan suami dan anak-anak, aku bisa bersikap layaknya aku pribadi. Mereka bisa membedakan kapan saat aku bersikap sebagai istri, ibu maupun pribadi. Dan itu berlaku bagi semua anggota keluarga kami. Sehingga diantara kami, tidak ada yang namanya rahasia, kecuali memang yang bersifat privacy.
Kenyataannya, kami menikmati sikap yang diambil ini. Ada kalanya kami berperan sebagai orang tua dan anak. Ada pula saat kami berperan sebagai sesama. Dan hal inilah yang membuat hubungan kami menjadi nyaman. Setiap anak nyaman bercerita apa pun, dan kami pun orang tua dengan senang hati mendengarkannya.
Kondisi keluarga yang seperti ini memang tidak serta merta kami peroleh begitu saja. Berbagai tantangan hidup yang hadir dalam keluarga akhirnya membentuk kami menjadi keluarga yang kompak. Walaupun sedikit debat dan pertengkaran diantara anak-anak tetap menjadi bumbu dalam keluarga kami. Namun itulah yang menjadi pelangi keluarga.
Dengan berbagai karakter yang ada, memang tidak mudah untuk membuat kompak. Tapi dengan saling pengertian dan pemahaman antara masing-masing anggota keluarga, membuat kekompakan semakin terasa. Anak yang sudah besar dapat diandalkan untuk menggantikan peran orang tua disaat kami sedanf tidak di rumah. Anak yang kecil dapat diandalkan untuk membantu kakak-kakaknya. Sungguh suatu nikmat yang tak terkira.
Sehingga benar adanya makna dari ayat di surat Ar Rahman yang berbunyi,"Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?" Semoga dari apa yang menjadi tradisi dan kebiasaan keluarga kami dapat menghasilkan generasi muda Islam yang sholeh dan sholehah. Aamiin yaa Rabbal Aalamiin….

 

 Gambar mungkin berisi: 4 orang, termasuk Bintang Haykal Fikri, gunung, luar ruangan dan alam

Tidak ada komentar: