Selasa, 23 Juni 2020

Remaja Muslim Masa Kini

Masa remaja merupakan masa dimana seseorang mengalami transisi dari masa kanak-kanak yang penuh ketergantungan menuju masa pembentukan tanggung jawab. Masa remaja ditandai dengan pengalaman-pengalaman baru baik di bidang fisik-biologis maupun psikis atau kejiwaan. Bagi wanita, masa remaja diawali dengan hadirnya menstruasi pertama. Sedangkan bagi laki-laki ditandai dengan keluarnya sperma dalam mimpi basah pertama.
Remaja di mata Islam merupakan tonggak kesuksesan. Hal ini dikarenakan remaja adalah generasi penerus Islam. Jika generasi remajanya bagus dan bisa mengamalkan Islam dengan baik, maka Islam juga akan semakin tangguh. Tetapi bila remajanya tidak mampu menjalankan apa-apa yang disyari’atkan oleh Islam, sehingga akhlaqnya rusak, maka Islam akan mudah sekali runtuh dan tidak memiliki kekuatan.
Dizaman millenial ini sisi pergaulan harus menjadi perhatian kita bersama. Maraknya pergaulan bebas, obat-obatan terlarang, dan lain sebagainya, yang muncul di media sosial. Serta banyaknya penyalahgunaan perkembangan teknologi , sudah seharusnya menjadi salah satu fokus perhatian kita. Ini semua adalah akibat dari salah pergaulan. Salah pergaulan disebabkan karena berbagai faktor, mulai dari factor keluarga yang kurang harmonis yang menyebabkan remaja frustasi sehingga mencari jalan yang salah. Faktor salah pilih teman yang sering mengajak kearah negatif. Juga faktor lingkungan yang mendukung untuk melakukan hal negatif, serta longgarnya batasan batasan pergaulan.

Tidak ada komentar: