Rabu, 23 April 2014

Teamwork Solid Pondasi Majunya Organisasi

Organisasi adalah sebuah perkumpulan beberapa orang dengan berbagai karakternya yang mempunyai tujuan sama. Demikian halnya dengan bisnis yang sedang kita jalankan. Bisnis merupakan organisasi juga karena pihak2 yang terlibat dalam bisnis tersebut mempunyai tujuan yang sama yaitu mengembangkan bisnis yang ujung2nya untuk mendapatkan keuntungan yang besar.
Bagaimana agar organisasi bisnis bisa berjalan dengan baik sedangkan banyak orang yang terlibat? Sudah dipastikan akan banyak perbedaan pendapat mengingat masing2 orang mempunyai karakternya sendiri. Dalam hal ini diperlukan seorang pemimpin yang bisa luwes menghadapi setiap karakter anggota yang ada. Selain harus ada pemimpin, diperlukan juga kemauan dari masing2 anggota untuk mau menerima masukan atas kekurangannya.

Organisasi bisnis tidak akan sukses apabila tidak didukung oleh tim yang solid. Karena solid tidaknya anggota tim merupakan pondasi organisasi agar bisa berdiri kuat dan berkembang sesuai dengan tujuan organisasi itu sendiri. Untuk membentuk tim yang solid diperlukan usaha dan kemauan dari masing2 anggota tim untuk bersama2 mengembangkan organisasi bisnis tersebut.
Dari organisasi bisnis yang sedang saya jalani, saya membuat pembagian kerja untuk masing2 anggota tim. Ada yang menjadi bagian inovasi produk dalam arti tugasnya mencari trend yang berkembang di pasaran. Ada yang khusus mengurus persediaan sekaligus produksi. Ada juga yang mengurus keuangan dan marketing. Terkadang walau sudah ada pembagian tugas seperti itu namun tetap saja saya melakukan tugas lainnya.
Demi perkembangan organisasi bisnis, saya yang dlm hal ini memiliki fungsi sebagai leader harus mempunyai pengetahuan bisnis yg banyak untuk dibagikan kepada anggota tim. Kebanyakan ilmu bisnis bisa diperoleh dari buku atau seminar yang rata2 dikenakan harga yang cukup menguras kantong bagi saya yang baru merintis bisnis. Namun seperti pepatah banyak jalan menuju roma, ilmu bisnis bisa diperoleh juga dari pengalaman para pebisnis yang biasanya bergabung dalam sebuah komunitas.
Untuk itulah saya memutuskan untuk bergabung di sebuah komunitas yang manfaatnya benar2 saya rasakan sangat besar. Walaupun perkembangan bisnis saya belum sesuai dengan yang diinginkan, namun dengan bergabungnya saya bersama komunitas ini, support dan motivasi dari sesama anggota komunitas sangat membantu. Terutama ilmu2 yang mengajarkan bagaimana mengelola suatu organisasi bisnis, bagaimana membentuk tim yang solid, bagaimana mengatasi konflik antar anggota tim, semua bisa diperoleh dari komunitas ini. Semua ilmu2 yang saya peroleh dari komunitas, sedapat mungkin saya praktekkan. Walau disana sini saya lakukan modifikasi sesuai dengan kondisi organisasi bisnis saya, namun sampai saat ini semuanya bisa berjalan lancar.
Dengan berbagi ilmu yang saya peroleh dari komunitas kepada anggota tim, saya rasakan tim bisnis saya semakin solid dan motivasi mereka menjadi lebih tinggi. Sungguh suatu kemajuan yang menyenangkan. Untuk membesarkan suatu organisasi sangat diperlukan tim kerja yang solid. Oleh karena itu, saya dan tim bertekad untuk selalu menjaga solidaritas karena hasilnya dari itu adalah kenaikan omzet dan perkembangan bisnis. Fokus terhadap pengembangan usaha dan tetap menjaga tim kerja yang solid adalah keharusan. Ditambah keyakinan dan doa kepada Allah SWT, maka yakinlah organisasi bisnis kita akan berkembang pesat. Amin ya Rabbal Alamin....

6 komentar:

Unknown mengatakan...

Amin.....mantab mba runny...paparannya bagus buat qu...benar mba namanya bisnis kita harus solid satu sama yang lain ya mba biar usaha kita maju sesuai harapan n tujuan...sukses ya mba runny

Linda Trinovita mengatakan...

Kerjasama tim yang solid, demi kemajuan bersama. Ciayoooo mba' runny, salam sayang buat laras :)

Unknown mengatakan...

mbak setujuuuu banget. team solid sumber utama majunya suatu organisasi

Unknown mengatakan...

Aamiin, bener Mba Runny 1000% setuju klo udah solid InsyaAllah akan sukses :)

Unknown mengatakan...

yup semoga ya mbak... jika semua anggota adalah org yang solid insya allah bisaaa

Bunda Runny mengatakan...

setujuh teman2.... semoga kita juga tetep solid di grup blogger ini, amin yRA