Senin, 13 Juli 2020

Nasehat Seorang Ibu

Menjadi orang tua dalam hal ini seorang ibu memang tidak mudah. Apalagi saat anak-anak mulai beranjak remaja dan dewasa. Banyak perubahan yang akan terjadi, baik kepada anak maupun orang tua. Sebagai orang tua tentu selalu menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Dalam kondisi senang maupun sedih.

Saat anak sedang menghadapi permasalahan, orang tua tidak akan tinggal diam. Mereka akan berusaha memberikan bantuan semampunya. Setidaknya orang tua akan memberikan berbagai nasehat yang baik agar anak dapat menghadapi dan mengatasi permasalahannya dengan baik. Selain nasehat, orang tua juga akan membagikan pengalaman mereka terkait dengan permasalahan yang dihadapi anaknya.

Biasanya seorang anak akan menceritakan masalahnya kepada sang ibu daripada kepada ayahnya. Hal ini lebih kepada karena rata-rata ibulah yang selalu ada di samping si anak. Sehingga si anak lebih merasa nyaman untuk berkeluh kesah kepada ibunya. Diantara nasehat-nasehat yang diberikan ibu kepada anaknya adalah sebagai berikut :

Selalu Berfikir Positif

Dalam menghadapi permasalahan biasanya pikiran akan menjadi tidak menentu. Apalagi bila yang menghadapi permasalahan itu adalah anak-anak. Sebagai orang tua, ibu harus memberikan nasehat yang baik. Ibu dapat menasehati anaknya untuk selalu berfikir positif terhadap masalah yang dihadapinya. Dengan berfikir positif, maka permasalahan yang ada akan menjadi lebih mudah untuk dihadapi.

Bersabar

Meminta anak untuk bersabar saat menghadapi masalah merupakan keputusan yang sangat tepat. Memang sebaiknya ibu membuat anaknya untuk selalu bersabar saat masalah datang menghampiri. Ajari anak untuk menyerahkan semuanya kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala agar permasalahan yang ada cepat selesai.

Berdoa

Selain meminta anak untuk bersabar, ibu harus mengajarkan anak untuk selalu berdoa memohon yang terbaik kepada Sang Pemberi masalah. Berdoa merupakan salah satu ikhtiar dalam menghadapi masalah. Dengan berdoa, maka Allah akan memberikan yang terbaik kepada setiap umatnya. Hal tersebut akan membuat anak menjadi lebih kuat dalam menghadapi masalah.

Tidak Mudah Mengeluh

Membiasakan anak untuk tidak mudah mengeluh dalam menghadapi masalah menjadi nasehat tersendiri bagi anak. Terkadang anak merasa bahwa permasalahan yang dimilikinya sangat berat sehingga dia tidak sanggup menghadapinya lagi. Berilah nasehat kepada anak agar menjadi pribadi yang kuat dan tegar sehingga tidak akan mudah mengeluh apa pun keadaan yang sedang dihadapi.

Memberikan nasehat yang baik kepada anak dalam menghadaapi masalah memang menjadi tugas bagi setiap orang tua. Jika orang tua, dalam hal ini ibu, memberikan nasehat yang tepat, maka anak akan lebih mudah meresapi semua nasehat yang telah diberikan.


Tidak ada komentar: